...
Jumat, 18 Oktober 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Pameran Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Tengah “Dari Jawa Tengah Menuju Indonesia Pintar dan Bermartabat”

Banyumas, 17 Oktober 2019. Pembukaan pameran perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Tengah 2019 dengan tema “Dari Jawa Tengah Menuju Indonesia Pintar dan Bermartabat” dilaksanakan 17- 20 Oktober 2019 di Rita Mall Purwokerto Banyumas.

Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jawa Tengah kepada kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah karena telah merujuk dan memilih Purwokerta menjadi tuan rumah. Bupati Banyumas berharap agar kegiatan ini dapat berhasil dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya Banyumas, serta bisa mengubah pola pikir masyarakat.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Prijo Anggoro BR, SH, M,Si berharap kegiatan tersebut dapat menjadi wadah sosialisasi dan publikasi minat baca di kalangan masyarakat. Sehingga dapat tercipta peningkatan dan pengembangan minat baca budaya belajar. Minat membaca buku dapat ditingkatkan terus. Buku merupakan sumber ilmu, referensi dan inspirasi sehingga potensi masyarakat dapat digali dan ditingkatkan.

Pameran tersebut diikuti 62 peserta yang terdiri dari stand Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. Dan diikuti oleh instansi vertikal. Tidak sekedar pameran, kegiatan juga dimeriahkan dengan beberapa lomba di antaranya lomba geguritan, lomba orasi, lomba menggambar dan mewarnai bedah buku, seminar anti narkoba, edukasi enterpreuner, serta akan dimeriahkan oleh artis ibu kota virzha.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak berpartisipasi dan menampilkan sejarah Kabupaten Demak melalui foto-foto grebeg besar tahun 1976 - 1980 an, Masjid Agung Demak Tahun 1800 hingga tahun 1990an, Kunjungan Presiden Sokarno di Demak, Pelantikan Adat Kadilangu, Burung Hantu dan kegiatan-kegiatan kearsipan seperti Layanan wisata nonton arsip film sejarah. Setelah pembukaan dilanjutkan keliling ke Stand-stand pameran.

Stand Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak juga dikunjungi oleh Bupati Banyumas dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. dan anak anak sekolah di Banyumas.

 

Sumber       : Musthoriah, S. Hum
Diunggah Oleh: Admin 2019-10-18,(14.46.08)