...
Rabu, 06 Februari 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Pelatihan Sistem Informasi Manajemen arsip dinamis aktif ( SiMardi ) Bagi Pengelola Arsip OPD di Kabupaten Demak

Pelatihan system informasi manajemen arsip dinamis aktif ( SiMardi ) bagi pengelola arsip Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Demak pada hari Rabu tanggal 30 Januari 2019 di Aula Dinas perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak. Di awal pelatihan ini untuk 5 pengeola arsip OPD masing – masing 2 ( dua ) orang pengelola arsip antara lain:

  1. Inspektorat
  2. BKPP
  3. BAPEDA dan Litbang
  4. Dinas Lingkungan Hidup
  5. DINPMPTSP

Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Arsip Dinamis Aktif ini dimulai pada jam 08.00 WIB, yang dibuka langsung oleh ibu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak, Dra. Tatik Rumiyati didampingi Sekretaris Dinperpusar  dan Narasumber dari Dinas Ppeprpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batang.

Diharapkan dengan memanfaatkan TIK arsip akan tertata dengan baik. Pengelola arsip sebaiknya dilakukan mulai arsip tercipta. Bila penanganan arsip baik sejak penciptaan, manfaatnya akan langsung dirasakan semasa aktif, sebagai bukti kinerja pertanggung jawaban, dan kemudian tetap utuh ketika masa aktif hingga habis nilai retensinya.

Para peserta pelatihan SiMardi ini sangat semangat dan berantusias dalam mengikuti pelatihan. Selain itu juga peserta dilatih kegiatan rutin kearsipan dan nantinya akan dilaksanakan di OPD masing – masing diantaranya:

  1. Entry data surat (masuk dan keluar) melalui Aplikasi ‘SiMARDi’
  2. Cetak Lembar Disposisi
  3. tata cara Teruskan surat tersebut kepada Pimpinan
  4. Setelah disposisi, lakukan update unit pengolah sesuai dengan arahan disposisi
  5. Distribusikan suratk e unit pengolah (subdin, subid, subag atau seksi)
  6. Tandatangani terima surat pada bagian kartu kendali oleh unit.
  7. Cetak statistic arsip, sampaikan laporannya kepada LKD setiap bulan
  8. Cetak Daftar Agenda Surat Masuk dan Keluar secara periodik.