...
Kamis, 20 Juni 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Pentingnya Penyelenggaraan Kearsipan, Dinperpusar Demak Giat Pembinaan dan Penataan teknis kearsipan dilingkungan UPP Puskesmas Kebonagung

Demak. Untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja dalam pelayanan di bidang arsip pada Puskesmas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak melaksanakan pembinaan dan penataan arsip di UPP Puskesmas Kebonagung, Kamis (20/06/2019)

Kepala Bidang Kearsipan (Dinperpusar) Kabupaten Demak, Addan Pranoto, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangatlah penting artinya dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan para pengelola arsip khususnya pegawai puskesmas kebonagung.

Arsip merupakan unsur penting dalam lingkup pemerintah yang harus dijaga dan ditingkatkan essensinya dengan melakukan suatu pembinaan dalam pengeloalaan kearsipan “Kearsipan di setiap UPP Puskesmas adalah merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam mengelolaan kearsipan tentunya dituntut mengelola dengan sebaik baiknya,"  kata addan.

Menurutnya, pegelolaan arsip statis dan dinamis mutlak harus dilakukan karena merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media, sesuai dengan perkembangan tehnologi informasi dan komunikasi. “Yang paling mendasar dari pengelolaan arsip adalah ketetapan menggunakan kode klasifikasi surat, karena tanpa menggunakan kode klasifikasi yang tepat tentunya arsip akan kacau” Jelasnya.

Sementara itu Kepala UPP Puskesmas Guntur mengatakan tujuan kegiatan adalah untuk mewujudkan tertib administrasi dan tertib arsip dalam rangka memaksimalkan pelayanan publik.“Melalui Pembinaan dan penataan arsip ini kita harap setiap Puskesmas di Kabupaten Demak mampu menata dan mengelola kearsipan secara profesional, sehingga mampu meningkatkan akuntabilits pelayanan di bidang arsip kesehatan,"ucapnya.

Pembinaan dan Penataan Arsip yang dilakukan oleh TIM dari Bidang Kearsipan ( Dinperpusar ) Demak diikuti 10 orang peserta pengelola puskesmas, dan di latih bagaimana cara mengelolala dan pengklasifikasian arsip yang benar sesuai kaidah kearsipan yang berlaku oleh Arsiparis Yusron Sultoni, A. Md. Selain materi disampaikan secara teori juga dilakukan praktek pengarsipan secara langsung, sehingga memudahkan pemahaman peserta dalam mengaplikasikan pada saat melakukan kerja sehari-hari.

( Sumber: Bid. Kearsipan; Author: Admin )